Dare to Dream

Follow Your Dreams, For They Are The Hope Of The Future

06 May 2016

Everything Has Surprises

Source Image : Google
Tentu apapun yang kita jalani saat ini memiliki kejutan masing-masing yang dimana belum tentu semuanya dapat kita prediksi atau tebak seperti apa nantinya yang akan terjadi, bukankah begitu ? Nah, cerita kali ini berawal ketika penulis secara tidak sengaja terbayang dengan apa yang penulis jalani aktivitas saat ini. Banyak sekali orang bertanya kepada penulis : "Bukankah profesi menjadi seorang D*sen itu lebih baik daripada menjadi seorang St*ff ?" Iya mungkin itu ada benarnya juga ketika penulis memikirkannya. Setiap profesi apapun itu pastinya ada keuntungannya masing-masing, adapun saat ini penulis memutuskan keputusan ini juga melalui sebuah proses pertimbangan yang cukup matang. Jujur saja, awal penulis memilih jalan ini di waktu itu terlintas di benak penulis, apakah hanya dunia ini yang penulis tahu tidakkah ingin mencoba mengetahui dunia lain yang lebih luas. Intinya adalah penulis berpikir masih terlalu dini bagi penulis untuk memutuskan mengambil profesi itu dengan pertimbangan perjalanan masih panjang dan kesempatan bagi penulis masih terbuka lebar dan kalaupun mengalami kegagalan sekalipun penulis masih memiliki kesempatan untuk bangkit lagi.

Banyak hal diluar sana yang penulis harus ketahui dan pelajari dengan sebaik-baiknya, bahwa dunia itu luas sedangkan waktu kita tidak seluas itu untuk memilih semua jalan itu. Penulis merasa ada sesuatu yang kurang apabila dengan langsung memutuskan mengambil profesi yang banyak orang idamkan tersebut, karena sekali lagi dunia itu luas Bung ! Semua yang penulis putuskan dan jalani saat ini menyakini bahwa semuanya memiliki kejutannya masing-masing, hanya soal waktu, usaha dan doa apakah kejutan itu menjadi sesuatu yang menggembirakan atau justru sebaliknya, tidak ada yang tahu termasuk penulis sendiri. Setidaknya, penulis sudah mencoba mengambil jalan baru ini daripada tidak mencoba sama sekali itu lebih menyakitkan, kalaupun penulis gagal dijalan ini ada rasa puas daripada menyesal tanpa mencoba sekalipun.

Penulis selalu mengibaratkan bahwa diri penulis seperti seekor burung yang setiap pagi mencari makan untuk dapat bertahan hidup. Seekor burung akan terbang tinggi mencari makan di tempat yang dimana tempat itu mampu menyediakan dan memberikan kebutuhan yang mencukupi untuk burung tersebut. Begitu juga sebaliknya, apabila tempat itu sudah tidak mampu menyediakan makanan yang cukup maka burung tersebut akan terbang pergi ke suatu tempat yang lebih baik lagi, karena harus di ingat disini, seekor burung juga memiliki masa depan yaitu memiliki keluarga dan anak-anak nantinya yang artinya kebutuhan dari seekor burung akan bertambah lagi sedangkan tempat tersebut hanya menyediakan kecukupan makanan yang selalu sama di setiap harinya untuk burung itu. Maka keputusan terbaik dari burung tersebut adalah terbang pergi mencari tempat yang lain dengan harapan mendapatkan yang lebih baik lagi dibandingkan tempat sebelumnya. Walaupun ditempat yang baru nantinya belum tentu lebih baik dari tempat sebelumnya. Namun sekali lagi, setidaknya kita sudah pernah mencoba dan berusaha yang terbaik itu lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali dan itu tentunya lebih menyakitkan, bukan ?

Seperti itulah penulis mengibaratkan apa yang penulis jalani saat ini, jalan yang penulis pilih saat ini bukanlah akhir dari cerita penulis. segala kemungkinan-kemungkinan masih bisa saja terjadi, termasuk penulis sendiri belum dapat menebak atau memprediksi seperti apa yang terjadi namun yang pasti Everything has Surprises.


23 January 2016

第一次 (First) - Guang Liang


这是我第一次对她说:我喜欢你
zhè shì wǒ dì-yī cì duì tā shuō: wǒ xǐhuan nǐ
This is the first time I said to her: I love you
Ini adalah pertama kalinya aku berkata kepadanya: Aku mencintaimu
我喜欢你
wǒ xǐhuan nǐ
I love you
Aku mencintaimu
哈哈哈
hā hā hā
Ha ha ha
Ha ha ha
我当做没听到,你赶快忘记吧,拜拜
wǒ dàngzuò méi tīngdào, nǐ gǎnkuài wàngjì ba, báibái
I'll pretend I didn't hear that, you should forget you said it. Bye Bye
Aku akan berpura-pura tak mendengarnya, kau harus melupakan telah mengatakannya, dah
我就只能当她哥儿们吧
wǒ jiù zhǐnéng dāng tā gē’ermen ba
I guess I can only treat her as a friend
Aku pikir aku hanya bisa memperlakukannya sebagai teman
哇 剉塞
wa cuò sāi
waw fail
Wah, gagal


当你看着我 我没有开口已被你猜透
dāng nǐ kàn zhe wǒ, wǒ méiyǒu kāikǒu yǐ bèi nǐ cāitòu
When you look at me, you look right through me before I say anything
Ketika kau melihatku, Kau telah menyadarinya sebelum aku berkata apapun
爱是没把握 还是没有符合你的要求
ài shì méi bǎwo háishi méiyǒu fúhé nǐ de yāoqiú
I’m still not sure, if I’m good enough for you
saya masih belum yakin, apakah saya cukup baik buatmu


是我自己想得太多 还是你也在闪躲
shì wǒzìjǐ xiǎng de tài duō háishi nǐ yě zài shǎnduǒ
Is it just me, or you have been running and hiding
Apakah hanya aku, atau kamu yang lari dan bersembunyi
如果真的选择是我 我鼓起勇气去接受
rúguǒ zhēn de xuǎnzé shì wǒ, wǒ gǔqǐ yǒngqì qù jiēshòu
If you really choose me, I will accept it with courage
Jika kamu benar-benar memilihku, saya akan menerima dengan berani
不知不觉让视线开始闪烁
bùzhībùjué ràng shìxiàn kāishǐ shǎnshuò
My eyes begin flickering out of control
Mataku mulai berkedip-kedip di luar kendali


哦第一次我说爱你的时候 呼吸难过心不停地颤抖
o dì-yī cì wǒ shuō ài nǐ de shíhou, hūxī nánguò xīn bùtíng de chàndǒu
Oh the first time I said I love you, My breath was short and my heart kept fluttering
Oh, pertama kali aku bilang aku mencintaimu, Nafasku sesak, jantungku terus berdebar-debar
哦第一次我牵起你的双手 失去方向不知该往哪儿走
o dì-yī cì wǒ qiānqǐ nǐ de shuāngshǒu, shīqù fāngxiàng bùzhī gāi wǎng nǎ er zǒu
Oh the first time I held your hands, And gently putting them down, I didn’t know where to go
Oh, pertama kali aku memegang tanganmu, Dan dengan lembut menurunkannya, aku tak tahu harus kemana
那是一起相爱的理由 那是一起厮守
nàshi yīqǐ xiāng'ài de lǐyóu, nàshi yīqǐ sīshǒu
That was the reason to love, that was a life commitment
Itulah alasan untuk mencintai, itu adalah komitmen seumur hidup

哦第一次吻你深深的酒窝 想要清醒却冲昏了头
o dì-yī cì wěn nǐ shēnshēn de jiǔwō, xiǎngyào qīngxǐng què chōnghūn le tóu
Oh the first time I kissed your deep dimple, Wanna stay sober but I become giddy
Oh, pertama kali aku mencium lesung pipi mu, Ingin tetap sadar, tapi aku menjadi pusing
哦第一次你躺在我的胸口 二十四小时没有分开过
o dì-yī cì nǐ tǎng zài wǒ de xiōngkǒu, èrshísì xiǎoshí méiyǒu fēnkāi guò
Oh the first time you were lying against my chest, And stayed there for 24 hours
Oh, pertama kali kamu berbaring di dadaku, Dan tinggal selama 24 jam
那是第一次知道天长地久
nàshi dì-yī cì zhīdao tiānchángdìjiǔ
That was the first time I knew what “everlasting and unchanging” meant
Itu adalah pertama kalinya aku tahu arti "abadi dan tak berubah"


哦第一次我说爱你的时候 呼吸难过心不停地颤抖
o dì-yī cì wǒ shuō ài nǐ de shíhou, hūxī nánguò xīn bùtíng de chàndǒu
Oh the first time I said I love you, My breath was short and my heart kept fluttering
Oh, pertama kali aku bilang aku mencintaimu, Nafasku sesak, jantungku terus berdebar-debar
哦第一次我牵起你的双手 失去方向不知该往哪儿走
o dì-yī cì wǒ qiānqǐ nǐ de shuāngshǒu, shīqù fāngxiàng bùzhī gāi wǎng nǎ er zǒu
Oh the first time I held your hands, And gently putting them down, I didn’t know where to go
Oh, pertama kali aku memegang tanganmu, Dan dengan lembut menurunkannya, aku tak tahu harus kemana
那是一起相爱的理由 对我
nàshi yīqǐ xiāng'ài de lǐyóu duì wǒ
That was the reason to love, for me
Itulah alasan untuk mencintai, bagiku
感觉你属于我 感觉你的眼眸
gǎnjué nǐ shǔyú wǒ gǎnjué nǐ de yǎnmóu
I feel that you belong with me, I can feel your eyes
Aku merasa bahwa kamu adalah bagian dari diriku, aku bisa merasakan mata mu
第一次就决定绝不会错
dì-yī cì jiù juédìng jué bù huì cuò
The first time I made up my mind, it can not go wrong
Ini pertama kalinya memutuskan, tidak bisa salah


好甜喔
hǎo tián o
It's really sweet
Sungguh manis
拜拜
báibái
Bye Bye
Dah
真的是笨猪一条
zhēn de shì bèn zhū yī tiáo
I'm such a stupid pig!
Aku seperti babi bodoh!
你上次在这里说什么?
nǐ shàngcì zài zhèlǐ shuō shénme?
What did you say there last time?
Apa yang kau katakan disana terakhir kali?
我喜欢你
wǒ xǐhuan nǐ
I love you
Aku mencintaimu
我好喜欢你喔
wǒ hǎo xǐhuan nǐ o
Oh I love you
Oh, Aku mencintaimu
喜欢谁
xǐhuan shéi
Love who
Mencintai siapa
萧淑慎
Xiāo Shūshèn
Xiāo Shūshèn
Xiāo Shūshèn
谁喜欢萧淑慎
shéi xǐhuan Xiāo Shūshèn
Who love Xiāo Shūshèn
Siapa mencintai Xiāo Shūshèn
王光良
Wáng Guāng Liáng
Wáng Guāng Liáng
Wáng Guāng Liáng
这是我的第一次
zhè shì wǒ de dì-yī cì
This is my first time
Ini adalah yang pertama bagiku
呵,也是我的,嘿嘿
hē, yěshì wǒ de, hēihēi
hmm, for me too, hehe
Hmm, bagiku juga, hehe




Source : Lyrics

06 May 2015

Wang Jie - Gu Shi De Jiao Se

Source Image : Google

我不要在破碎的镜头里
wo bu yao zai po sui de jing tou li 
接受你的逃避和存在
jie shou ni de tao bi he cun zai 
我从冷漠的角度望去
wo cong leng mo de jiao du wang qu 
含泪的眼 该如何表白
han lei de yan gai ru he biao bai 
现在的记忆
xian zai de ji yi 
好像一场演不完的戏
hao xiang yi chang yan bu wan de xi 
让我们都看得见过去
rang wo men du kan de jian guo qu 


我知道故事里的夜
wo zhi dao gu shi li de ye 
在为谁叹息
zai wei shui tan xi 
我知道故事里的梦
wo zhi dao gu shi li de meng 
为何不再美丽
wei he bu zai mei li 


因为你已不是你自己
yin wei ni yi bu shi ni zi ji 
何必告诉我要忘了你
he bi gao su wo yao wang liao ni 
故事的角色消失在记忆里
gu shi de jiao se xiao shi zai ji yi li 
故事的角色消逝在记忆里
gu shi de jiao se xiao shi zai ji yi li



20 April 2015

Bunga Tak Selamanya Mekar Indah

Source Image : Google
Sepintas dibenak penulis terlintas sebuah ungkapan yang sering diucapkan semasa masih dikampung halaman "Bunga tak selamanya mekar indah". Yuppss, betul sekali ucapan itulah sering penulis ucapkan semasa jaman-jaman masih berseragam sekolah lhooo. hehehe... Sebenarnya ungkapan pepatah itu penulis juga belajar dari Orang Tua penulis sendiri sih. Karena seringnya mendengar ungkapan tersebut dari Orang Tua, lama kelamaan penulis mulai penasaran sebenarnya ungkapan kata itu maksudnya apa sih... Eittt, jangan salah paham dlu ya, Bunga disini bukan seperti bunga yang sering diperbincangkan di berita-berita TV ya "Sebut saja namanya Bunga" hahaha...

Karena Orang Tua penulis sering mengucapkan ungkapan kata itu, kayaknya punya makna yang dalam deh (dalam hati penulis). Penulis mulai mendapatkan jawaban atas ungkapan kata itu pada saat pas waktu pembagian buku raport SMA. tepatnya dikelas XI semester 1 (satu). Sekedar informasi, gini-gini penulis dari jurusan IPA lhoo, percaya ga..tapi IPA nya karena emang dimasukin Wali Kelas waktu itu, andaikan boleh memilih penulis akan memilih langsung LULUS SEKOLAH aja sih hahaha (ngarep banget yak).  Kembali ke topik awal, nah pada saat pembagian raport itu, kebetulan Wali Kelas penulis waktu itu memperingkatkan juara seluruh siswanya satu per satu dari atas ke bawah.

Hayooo, coba tebak kira-kira waktu itu penulis dapat juara berapa. 1 2 atau ga juara sama sekali hahaha... kata Wali Kelas penulis sih bilangnya juara 3... Horeeeee (serius, senangnya hati penulis waktu itu dengar juara 3). Tapi sayang seribu sayang ternyata Wali Kelas bilang kalau penulis itu juara 3 dari belakang lhoo hahahahahaha. Awalnya penulis juga mengira bahwa benaran juga 3 gitu, eh ternyata juara 3 dari belakang. Jadi waktu itu, total siswa termasuk penulis ada 32 orang. Jadi pasti udah tahu penulis juara berapa sebenarnya, dihitung mundur aja 32 (juara 1 dari belakang), 31 (juara 2 dari belakang), 30 (juara 3 dari belakang). Yupppp, betul penulis juara 30 waktu kelas XI semester 1 (rekor baru). 

Dari situ, penulis menemukan jawabannya atas ungkapan kata itu melalui pengalaman langsung penulis sendiri. "Bunga tidak selamanya akan mekar indah, Ada waktunya akan layu juga.  Begitu juga halnya seorang manusia tidak akan selamanya berada diatas, ada kalanya juga dibawah". Nah, sampai hari ini pun dalam kehidupan penulis sendiri masih banyak mengalami kondisi terbaik dan terburuk koq, hehehe. Tapi penulis merasa bersyukur dan beruntung masih diberikan kesempatan untuk bisa mengalaminya secara langsung. Namun, penulis ga bisa mungkiri kalau dibilang sedih ya pasti sedih hehehe... Tapi kalau sedih, pandanglah ke langit bahwa Tuhan selalu menemani kita. Penulis yakin, pasti semua orang pernah mengalami sisi terbaik dan terburuk dalam hidupnya, minimal sekali dalam hidupnya. Kalau penulis sih, berkali-kali hahaha. Hanya sekarang bagaimana cara menyikapi semua yang terjadi itu. Kalau tidak menemukan jawabannya cobalah pandang ke sungai, airnya selalu mengalir walaupun bebatuan menghalanginya. Sekian !!!

24 March 2015

Framework ISO/IEC 20000:1-2011

Source : ISO/IEC 20000-1:2011
Pada struktur kerangka kerja ISO/IEC 20000 yang terlihat diatas dalam sistem manajemen layanan terdiri dari :
  • Cakupan : berisi tentang definisi cakupan dari standar
  • Definisi dan Istilah : berisi tentang daftar definisi dan istilah yang digunakan
  • Kebutuhan Manajemen Sistem : berisi kebutuhan umum bagi manajemen sistem yang terdiri atas tanggungjawab manajemen, kebutuhan dokumentasi dan pelatihan
  • Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan TI : berisi kebutuhan bagi organisasi untuk menjalankan metode PDCA
  • Perencanaan dan Implementasi Perubahan Layanan maupun Layanan Baru : berisi kebutuhan umum berkaitan dengan perubahan maupun penyediaan layanan baru yang meliputi adanya kesepakatan biaya dan kualitas, kejelasan akuntabilitas dan perencanaan
  • Service delivery proses terdiri atas proses-proses seperti capacity management, service continuity and availability management, service reporting, service level management, dugetting and accounting for IT service
  • Control process terdiri atas configuration management dan change management
  • Relationship management terdiri atas business relationship management dan supplier management
  • Resolution Process : terdiri atas incident management dan problem management

Reference From : International Organisation for Standardization (ISO/IEC). 2011. “ISO/IEC 20000 – 1: 2011 Information Technology – Service Management – Part 1 : Service management system requirements”