30 March 2012

PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0

Visual basic 6.0 merupakan salah satu tool untuk pengembangan aplikasi yang banyak diminati oleh orang. Disini Visual basic 6.0 menawarkan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dan dapat menggunakan komponen-komponen yang telah disediakan. Untuk memulai Visual Basic 6.0 anda perlu menginstall Visual Basic 6.0. Program ini biasanya dalam satu paket dengan visual studio 6.0
Dengan menggunakan visual basic 6.0 kita bisa menghasilkan berbagai macam jenis program. Dari aplikasi yang mengintegrasikan database, jaringan, office automation, dan web application. 

Visual basic menyediakan banyak jenis modul aplikasi. Untuk memulai program standar pilihlah Standard EXE, kemudian klik pada tombol Open. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini. Kita akan mengenal bagian-bagian dari IDE ( Integrated Development Environment ) yang akan digunakan :
Penjelasan :

Form Design 

Pada Form design ini adalah tempat kita merancang user interface ( antar muka pemakai ). Untuk menampilkan layar ini dapat mengklik pada tombol Design View atau dengan menekan tombol shift + F7. Sedangkan untuk ke layar coding dapat menekan tombol F7.

Menu Toolbar

menu standar pada windows, dapat digunakan untuk membuka project, menyimpan project, menjalankan project, dan sebagainya.

Toolbox

Disini lah tempat komponen-komponen yang disediakan untuk merancang user interface. Masing-masing komponen memiliki ciri dan kegunaan masing-masing. komponen ini kita gunakan sesuai kebutuhan kita.

Project Explorer

Disini adalah struktur project yang sedang berjalan kita kerjakan. Suatu project dapat terdiri dari beberapa form.

Properties

Pada kolom ini menampilkan properties dari komponen yang sedang aktif. Properti adalah data-data atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu objek komponen.

Untuk mendapatkan file dokumentasi nya selengkapnya, Silakan klik tombol berikut ini



0 komentar:

Post a Comment