23 March 2012

Studi Kasus Proyek TI : Sisminbakum

Didalam setiap proyek tidak selalu mengalami kesuksesan, apalagi proyek teknologi informasi yang jarang terdengar keberhasilan didalam pelaksanaan dan implementasi proyek tersebut, sebuah proyek dikatakan berhasil apabila telah memenuhi standar kriteria-kriteria yang harus dipenuhi. Adapun kriteria-kriteria sebuah proyek IT dikatakan telah berhasil apabila telah memenuhi kriteria sebagai berikut ini :
  • Menentukan definisi tujuan yang jelas, artinya seberapa besar proyek yang  akan dilaksanakan dan kebutuhan yang diperlukan dan memastikan sistem telah berjalan sesuai kebutuhan.
  • Hasil dari proyek tersebut selesai  tepat waktu
  • Hasil proyek sesuai anggaran atau dibawah anggaran dan tidak melebihi anggaran
Apabila salah satu kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka dapat dikatakan bahwa proyek tersebut gagal. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan peranannya sangat penting sehingga banyak proyek TI yang sudah dilaksanakan, tetapi masih banyak proyek TI yang gagal daripada proyek TI yang sukses. Berikut ini contoh proyek TI yang gagal :
Proyek  TI Sisminbakum (Sistem Administrasi Badan Hukum)
Sisminbakum adalah sistem layanan on-line bagi para notaris se Indonesia untuk melakukan pendaftaran badan hukum. Harapannya adalah memudahkan urusan administrasi pendirian perusahaan baru, merger atau perubahan akta pendirian perusahaan akibat berubahnya pemegang saham dan susunan pengurusnya.
Proyek pengadaannya yang diputuskan dalam Keputusan Menteri Hukum dan Perundang-undangan tertanggal 4 Oktober 2000, menyisakan dugaan korupsi. Sebanyak lima orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 400 milyar tersebut. Sehingga Depkum HAM membuka lelang baru proyek Sisminbakum karena perangkat penunjangnya disita oleh kejagung sebagai bahan bukti yang terlibat dalam kasus korupsi.
Maka dari pendefinisian tujuan proyek ini sudah tidak sesuai lagi dengan pendefinisian awal dari proyek ini, dimana proyek ini justru aliran dana mengalir ke sebuah instansi atau perusahaan yang terkait sehingga telah tidak sesuai dengan kebutuhan dan sistem yang berjalan  serta hasil dari proyek ini telah melebihi anggaran sehingga merugikan Negara. Sehingga bisa dikatakan proyek TI Sisminbakum gagal.

Referensi :

Dewi, C.N. (2009).Depkum HAM Buka Lelang Baru Proyek Sisminbakum. Jakarta. Retrieved from


0 komentar:

Post a Comment