22 March 2012

TIDAK HARUS SELALU SAMA


Source Image : Google
Kata tidak sama mencerminkan pertentangan antara satu sama lain, bagi sekelompok orang mengatakan tidak sama berarti beda, bisa dilihat dari beberapa sudut pandang dan perspektif serta tujuannya seperti apa, beda bisa digolongkan banyak hal seperti beda dalam berpendapat, beda pemahaman sampai beda dalam keyakinan. Setiap insan manusia tentunya memiliki suatu keyakinan yang mungkin tidak harus sama. Banyak yang mengganggap didalam beda berarti tidak mungkin untuk menyatukan kedua perbedaan tersebut. Apakah dengan persamaan bisa menjamin yang terbaik, dan bukan berarti yang beda selalu buruk kan ?
Ini semua tergantung dari pihak masing-masing mengartikan kata ini seperti apa. bagi orang yang fanatisme selalu mengganggap apa yang diyakini adalah yang terbaik dan orang lain selalu yang salah. Siapa yang berani mengemukakan seperti itu, dan tidak ada yang bisa membuktikan bahwa yang ini terbaik dan ini sebaliknya. Memang kadang kita harus berpikiran  Universal dan berpikiran secara akal sehat. Tidak ada yang bisa menunjukkan apalagi membuktikan bahwa keyakinan atau "Dogma" ini yang benar.
Maka coba renungkan lah sudah layak kah kita mengganggap setiap yang kita yakini adalah benar?
Di dunia ini sudah di ciptakan dengan penuh perbedaan, agar memiliki pola dan warna kehidupan yang bisa saling melengkapi dan membutuhkan dari yang tiada menjadi ada. 
Maka betapa indahnya kehidupan ini jikalau satu sama lain saling intropeksi diri bahwa di dunia ini tiada yang terbaik. Coba lah saling mengakui dan menghormati bahwa setiap yang diyakini insan-insan manusia memiliki tujuan yang baik, dan tidak akan mengusik keyakinan yang lainnya. Tidak hanya sekedar mengatakan bahwa apa yang diyakini itu terbaik dari yang lainnya, tapi coba lah membuktikan dengan tindakan dan perbuatan yang mencerminkan semua itu. 

0 komentar:

Post a Comment