06 April 2012

BELAJAR REQUIREMENTS MODELING

Apa itu Requirement.....Requirement merupakan apa saja yang dibutuhkan oleh sistem didalam proses bisnis.
sebagai contoh, kebutuhan untuk mengupdate database. Didalam requirement dibagi  menjadi dua tipe, yaitu tipe Functional Requirement dan Non-Functional Requirement. 
Functional Requirements adalah kebutuhan yang harus sistem lakukan seperti mengidentifikasi sah tidaknya total kredit untuk deviden.
Non-Functional Requirements adalah hal-hal yang harus sistem penuhi seperti reliabel, efektif biaya, performa baik, skalabilitas tinggi.

Didalam Requirements memiliki macam-macam diagram connectors, antara lain :

  • Associate : mengimplikasikan dua elemen yang berhubungan, contoh : data tagihan mengacu dari informasi produk ( seperti deskripsi dan harga ), jadi tagihan diasosiasikan dengan produk.
  • Implements : Objek asal mengimplementasikan objek yang dituju, Connector mengekspresikan kelengkapan model. Contoh : Requirements diimplementasikan oleh satu atau lebih use case.

  • Aggregate : tipe gabungan yang menunjukkan bahwa elemen berisi atau terdiri dari elemen-elemen lain. contoh : mobil terdiri dari ban, setir dan lain-lain.
  • Inheritance : digambarkan dari elemen spesifik ke elemen yang lebih general ( generalisasi ). contoh : AdminStaff dan Creative Staff digeneralisasi jadi StaffMember.

Berikut ini ada video mengenai langkah-langkah membuat requirements model di enterprise architect semoga bisa membantu. Langsung saja dilihat dibawah ini. 

Tutorial Membuat Requirement Modeling

Atau bisa langsung melihat videonya yang telah penulis upload di Youtube, silakan Klik Disini

0 komentar:

Post a Comment