22 October 2012

MODEL KEAMANAN SISTEM OPERASI PADA WINDOWS 7

Postingan saya pada kali ini mengenai model keamanan sistem operasi pada windows 7, tentunya sudah pada menggunakan sistem operasi yang satu ini. Nah tentunya sudah mencoba semua fitur-fitur yang ada pada sistem operasi windows 7 tersebut seperti apa. Tapi kali ini mari kita coba lihat dari perspektif keamanan yang ditawarkan windows 7. Jadi, adapun inti dari keamanan sistem operasi windows 7 dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu :

  • Level System, meliputi :
    • Action Center : Untuk memastikan firewall aktif atau tidak, contohnya memastikan  antivirus up to date, apabila antivirus belum di update maka action center akan memberikan informasi kepada user, dan  komputer diatur untuk menginstal pembaruan secara otomatis.
Tampilan Action Center
    • Windows Firewall : Membantu mencegah hacker dan perangkat lunak berbahaya, seperti virus, yang masuk dari  akses  Internet.
    • Windows Update : Mengatur Windows untuk  Update atau mendownload dan menginstal update terbaru untuk komputer  secara otomatis.
    • Back up dan Restore : Untuk membuat sebuah cadangan/backup file Anda dan pengaturan secara teratur sehingga jika mendapatkan serangan virus yang menimbulkan kerusakan sistem atau permasalahan  pada perangkat keras/hardware, dapat memulihkan file kembali semula.
    • Microsoft Security Essential (MSE) : Merupakan fitur baru yang ditambahkan ke command line utilitas yang mencakup kemampuan  untuk melakukan scan kustom seluruh folder selain file individu. Tidak hanya itu juga peningkatan kinerja yang dibuat untuk proses update defnisi dalam memperbaiki masalah komputer dengan jumlah file yang sangat besar, serta perbaikan dibuat untuk memperbaiki pelanggaran akses dalam layanan antimalware.
  • Level User, meliputi : 
    • Parental Control : Jika mempunyai anak yang menggunakan komputer keluarga, sehingga kita dapat menggunakan Parental Kontrol untuk mengatur bagaimana anak-anak  menggunakan komputer tersebut.
    • Credential Manager : Credential Manager adalah suatu fungsi pada Windows yang membolehkan pengguna menyimpan username dan password, sehingga dapat login secara otomatis pada situs atau komputer dalam suatu jaringan.
Tampilan Credential Manager
Mungkin postingan saya kali ini, cukup sampai disini dulu. Tunggu update lanjutan mengenai sistem operasi pada windows 7. Tidak ada hanya itu, didalam sistem operasi windows 7, banyak dilakukan perombakan dan penyempurnaan keamanan yang sudah ada sebelumnya, yaitu pada windows Vista. Salah satu mengenai User Account Control (UAC), BitLocker To Go, serta penambahan fitur keamanan baru berupa Applocker dan dukungan Integrated Fingerprint Scanner. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua.


0 komentar:

Post a Comment