17 January 2013

PERSIAPAN SEBELUM PERANG OTAK MENGHADAPI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI

Source Image : Google
Pergantian tahun ajaran atau kelulusan memang masih lama. Namun, siswa kelas XII sebaiknya bersiap-siap. Selain ujian nasional, tes untuk memasuki perguruan tinggi siap menghadang. Bahkan, sejumlah perguruan tinggi membuka penerimaan mahasiswa jauh sebelum ujian nasional atau sekitar awal semester genap. Jika kisi-kisi soal ujian nasional bisa diperkirakan, lain halnya jika akan masuk perguruan tinggi. Soal yang didapat bisa jadi sangat berbeda dengan ujian nasional. Cara yang paling jitu maksimal di semester genap ini. Jika tidak, anda bisa-bisa kalah bersaing dengan peserta ujian masuk perguruan tinggi lainnya. Namun, bila ingin memiliki peluang besar untuk lolos dan berhasil masuk perguruan tinggi impian, ada persiapan yang perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Berikut ini diantaranya :
  • Pertama, tentukanlah perguruan tinggi yang ingin dimasuki. Informasi tentang perguruan tinggi semakin mudah didapatkan. Gampangnya, buka saja website resmi perguruan tinggi yang diinginkan. Bisa juga menggali informasi dari teman atau kenalan yang pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bersangkutan. Setelah berburu informasi, tentukan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat. Sebagai catatan, perguruan tinggi yang telah mempunyai nama, seperti UI, UGM atau ITB biasanya memiliki persaingan yang ketat. Adanya baiknya anda mencantumkan perguruan tinggi cadangan sebagai alternatif.
  • Kedua, selain perguruan tinggi yang akan dituju, tentukan jurusan atau program studi yang ingin dimasuki sejak sekarang. Mengapa pertimbangan ini perlu dipikirkan jauh-jauh hari. Jika telah mengetahui program studi yang diinginkan, tentunya akan lebih fokus untuk mempelajari bidang tersebut secara lebih mendalam dibandingkan bidag lainnya.
  • Ketiga, perhatikanlah kuota tiap program studi di perguruan tinggi. Tiap jurusan biasanya memiliki kuota untuk menampung mahasiswa dalam jumlah tertentu. Jika kuota kecil dan jumlah pendaftar banyak, berarti tingkat persaingannya akan lebih ketat. Jurusan yang banyak diminati saat ini diantaranya adalah Kedokteran, Gedokteran Gigi, Bisnis dan Manajemen, dan Ilmu Komunikasi. Tak perlu terkejut jika pesaing untuk masuk program studi ini cukup banyak.
  • Keempat, pelajarilah soal-soal ujian tahun sebelumnya. Terkadang materi ujian masuk perguruan tinggi memiliki kemiripan dari tahun ke tahun. Tak ada salahnya beragam soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya dipelajari. Dari situ akan muncul perkiraan soal yang akan muncul.
  • Kelima, ketahuilah lokai tes. Biasanya tes masuk perguruan tinggi tidak diadakan dikampus karena aktivitas perkuliahan. Bahkan, sejumlah perguruan tinggi mengadakan tes masuk disejumlah sekolah atau gedung serbaguna. Biasanya lokasi tes ini diumumkan beberapa hari sebelumnya.
  • Keenam, ikutilah perkembangan informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru. Bisa jadi ada tambahan informasi lainnya dalam proses seleksi mahasiswa baru. Jadi, perhatikan informasi teranyar tentang penerimaan mahasiswa baru.
  • Ketujuh, perhatikan persyaratan, diantaranya pengisian formulir pendaftaran, dokumen-dokumen yang dibutuhkan (misalnya transkrip nilai semester pendek), dan cara mendapatkan kartu ujian. Penuhilah persyaratan ini.
  • Kedelapan, jaga kondisi kesehatan diri. Mulailah dengan gaya hidup yang sehat dan bebaskan diri dari stress. Penyakit fisik atau tekanan psikologis bisa mempengaruhi hasil ujian, jadi sebaliknya hindari hal tersebut. Selain itu, jangan pernah berhenti belajar. Tetaplah berdoa dan yakin bahwa kamu bisa melaluinya dengan baik. Semoga Berhasil !!!
Sumber : Koran Kompas

0 komentar:

Post a Comment