13 June 2013

EFEK BURUK DARI KURANG TIDUR

Source Image : Google
Kurang tidur bisa menimbulkan dampak negatif yang cukup serius terhadap kesehatan tubuh, sampai menurunkan kualitas hidup. Tidurlah minimal tujuh jam sehari, agar terhindari dari efek buruk berikut ini :

  • Kenaikan Berat Badan
Saat kurang tidur, metabolisme tubuh menjadi lambat sekaligus membuat nafsu makan tak terkontrol. Secara tidak sadar, Anda menginginkan makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak. Hal ini dikemukakan oleh Michael Breus, PhD, seorang psikolog dan spesialis gangguan tidur di Scottsdale, AZ.

  • Mood Tidak Stabil
Perubahan emosi saat Anda kelelahan adalah hal yang seringkali terlihat. Bila Anda benar-benar lelah, perubahan drastis seperti menjadi mudah menangis sangat mungkin terjadi. "Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 50% dari orang dengan depresi memiliki beberapa jenis masalah tidur. Biasanya insomnia," ujar Lisa Shives, MD, seorang internis dan ahli obat tidur di Evanston, Illinois, Amerika Serikat.

  • Mata Bengkak dan Bayangan Hitam dibawah Mata
Seorang dokter kulit dan ahli bedah kosmetik di Omaha, Joel Schlessinger, MD, mengatakan bahwa bila seseorang kurang tidur, tubuh dapat kehilangan kelembaban sehingga kulit kekurangan cairan. Akibatnya timbul lingkaran gelap di bawah mata. Masalah ini dapat disiasati dengan minum secangkir teh chamomile satu jam sebelum tidur. Teh chamomile dapat membuat sesorang merasa santai karena tidak mengandung kafein.

  • Gangguan Ketika Berkendara
Salah satu penyebab kecelakaan ketika berkendara adalah kelelahan, menurut sebuah studi dari Virginia Tech Transportation Institute pada April 2013 lalu. Ketika mengantuk, kesadaran berkurang. Bahkan, salah satu penelitian di Australia menemukan bahwa tidak tidur selama 24 jam efek negatifnya setara dengan mengonsumsi alkohol pada taraf 10 (taraf yang diperbolehkan 08). Jika Anda akan berkendara dalam keadaan tubuh yang kurang fit, minum segelas jus ceri sebelum tidur. Karena buah ini mengandung melantonin dan membantu seseorang tidur 39 menit lebih lama per malam.

  • Tingkat Depresi Yang Tinggi
Jam tidur yang kurang dari 6 jam dapat mengganggu gen dalam tubuh yang mengatur depresi. Hal tersebut berdasarkan sebuah studi pada Februari 2013 yang dilakukan oleh University of Surrey di Inggris. Hal yang dapat dilakukan adalah melakukan meditasi selama 5 menit, lalu peregangan otot, atau dengan melakukan yoga.

  • Sulit Berpikir Jernih
Ketika anda merasa sulit berpikir jernih saat anda kurang tidur, terutama saat bekerja di kantor, hal itu disebabkan karena efek negatif dari kurang tidur mempengaruhi kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat informasi baru. Hal ini dikemukakan oleh Janet Kennedy, PhD, seorang psikolog klinis dan spesialis tidur di New York.

  • Gairah Seks Berkurang
Seseorang yang sangat lelah cenderung enggan berhubungan intim dengan pasangannya. Orang yang tidak tidur biasanya lebih stres dan libidonya rendah, serta suasana hati tidak mendukung untuk berhubungan seks. Hindari menonton TV atau main komputer satu jam sebelum tidur karena sinar dari layar dapat mengurangi hasrat anda untuk tidur.

  • Imunitas Rendah
Kelelahan dapat menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. "Para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang tidak mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur memproduksi antibodi lebih sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh tidak sekuat ketika Anda fit," ujar Dr Shives. Makan makanan yang bergizi dan mematikan lampu rumah dapat memberikan sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat.





0 komentar:

Post a Comment