15 June 2013

KONSUMSI BUAH DI WAKTU YANG TEPAT DAPAT MEMAKSIMALKAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN TUBUH

Source Image : Google
Faktanya, buah-buahan memiliki nutrisi yang kaya dan memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Selain memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tubuh, buah juga dapat memberikan rasa kenyang. Tetapi tahukan Anda bahwa ada waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah-buahan agar memberikan hasil yang lebih maksimal? Seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (6/6/2013):

  • Perut Kosong
Makan buah-buahan saat perut kosong adalah cara terbaik untuk mendetoksifikasi sistem di dalam tubuh anda. Nah, ini juga merupakan waktu terbaik untuk memastikan penyerapan optimal semua vitamin dan mineral dalam buah oleh tubuh. Memakan buah-buahan saat sarapan adalah cara yang baik untuk 'memanaskan' sistem pencernaan di pagi hari. Ini juga menjamin laju pertambahan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Sebelum Berolahraga
Buah akan menjadi camilan sempurna ketika Anda berolahraga teratur. Ambillah buah sebagai snack sebelum Anda memulai olah raga. Buah dapat mempertahankan tingkat energi dalam tubuh Anda, tetapi tidak memberikan sensasi yang penuh atau kembung. Tubuh juga dapat menggunakan gula dari buah lebih efisien karena kemampuan insulin untuk mengangkut gula ke sel tubuh ditingkatkan dengan latihan.

  • Konsumsi Buah Sesuai Musimnya
Dalam pengobatan tradisional buah-buahan direkomendasikan untuk dimakan sesuai dengan perubahan musimnya. Misalnya, buah-buahan musiman seperti mangga akan tepat dinikmati selama musim panas. Mengimpor buah-buahan dari negara-negara lain akan menyebabkan hilangnya nutrisi karena terkandung zat-zat buatan. Oleh karena itu, nikmatilah buah yang sesuai dengan musim tumbuhnya.

  • Di Sela-sela Waktu Makan
Waktu terbaik untuk makan buah-buahan adalah satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan. Hal ini memastikan bahwa Vitamin C, pektin dan serat benar-benar diserap oleh tubuh. Tingkat kolesterol dalam tubuh juga berkurang oleh konsumsi buah di antara waktu makan.

  • Setelah Makan
Saat buah dikonsumsi langsung setelah makan, penyerapan fruktosa oleh tubuh akan lambat. Sisa fruktosa dalam sistem pencernaan akan menghasilkan asam-asam organik yang menyebabkan kembung dan diare. Sehingga akan lebih baik jika buah dikonsumsi 2 jam setelah makan besar. Buah yang telah hancur di perut memerlukan lebih banyak waktu untuk mencernanya dan membuatnya membusuk. Makan buah-buahan tanpa pengetahuan yang cukup tentang gizi akan lebih banyak buruknya daripada baiknya. Jadi, pastikan Anda memiliki buah-buahan pada waktu yang tepat untuk menuai manfaat kesehatan dengan baik.



0 komentar:

Post a Comment