16 June 2013

MAKNA ULANG TAHUN SEBENARNYA

Source Image : Google
Zaman sekarang ini, banyak sekali yang sudah multi tafsir makna dari Ulang Tahun itu. Mulai dari perayaan yang dilakukan orang yang merayakan Ulang Tahunnya itu. Seperti contoh, untuk sekarang ini banyak sekali dari anak-anak muda yang merayakan ulang tahunnya dengan sebuah pesta yang meriah dan mewah, mentraktir dan mengundang teman atau kerabat dekat untuk meriahkan di hari yang paling ditunggu-tunggu karena dapat membuat pesta mewah dan sebagainya. Sebenarnya tidak ada salahnya dalam memaknai hari Ulang Tahunnya dengan membuat sebuah pesta atau acara sesuai keinginan masing-masing, hanya saja jangan MELUPAKAN MAKNA SEBENARNYA ULANG TAHUN ITU SENDIRI. Oke saya akan langsung membahas saja tanpa perlu basa-basi lagi !!!

Pertama, mari lah kita sama-sama mendefinisikan kembali arti dari ULANG TAHUN itu. Ulang tahun merupakan hari kelahiran seorang anak baru di dunia ini atas karunia Tuhan Yang Maha Esa melalui seorang tubuh Perempuan/Ibu dengan cara melahirkan. Yang perlu kita renungkan bersama adalah di detik-detik menegangkan seorang Ibu melahirkan seorang Anak, seorang Ibu rela mempertaruhkan HIDUPNYA SENDIRI DEMI SANG ANAKNYA, Nah Kenapa bisa begitu ???

Karena pada saat Ibu kita melahirkan, Ibu kita berada dalam dua pilihan, yaitu ANTARA HIDUP DAN MATI DEMI UNTUK MELAHIRKAN KITA. Nah misalkan sekarang ini, sudah mengetahui kondisi seperti itu, ketika setiap tahun menjelang ulang tahun dengan mengingatnya dengan sebuah perayaan yang meriah dan mewah-mewah bersama kerabat atau teman sudahkah TEPAT SASARAN ATAU BELUM ??? Silakan dijawab sendiri dalam HATI saja. Coba lah direnungkan bersama, Ibu kita bersusah payah melahirkan kita pada waktu itu dengan mempertaruhkan nyawa sendiri, sedangkan kita setelah terlahir di dunia ini seakan-akan lupa mengucapkan RASA SYUKUR DAN TERIMA KASIH kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Ibu, karena tanpa MEREKA kita ini tidak mungkin bisa berada di dunia saat ini. Masih pantas kah kita mengingat ulang tahun kita dengan sebuah pesta yang mewah bersama teman atau kerabat, disamping kita tidak pernah mengucapkan rasa TERIMA KASIH kepada Ibu kita telah melahirkan kita dan seharusnya mengingat Hari Ulang Tahun cukup lah di rayakan dengan PENUH RASA SYUKUR DAN TERIMA KASIH bersama kedua orang tua kita, Terutama IBU kita.

Sekali lagi, bukan berarti merayakan Hari Ulang Tahun dengan PESTA itu SALAH, Bahwa merayakan Ulang Tahun dengan sebuah Pesta tidak lah pernah salah dan berhak dilakukan siapapun yang inginkan melakukannya. Hanya yang perlu di perhatikan adalah BAGAIMANA CARA KITA MEMAKNAI DI HARI ULANG TAHUN ITU. Seperti pepatah mengatakan : " Minum Air Ingat Sumbernya ". Artinya : Ingat lah Kenapa Pada Hari ini Kita Ada, Semua Tidak Lepas dari Seorang Ibu Kita Yang Rela Biarkan Tubuhnya yang Cantik dan Indah Rusak Demi Melahirkan Kita. 

Sebagai Penutup, ada sebuah Ungkapan dari saya yang semoga bisa membuat kita sadar sebagai seorang anak apa yang seharusnya kita lakukan dan bagaimana kita memaknai Hari ULANG TAHUN sebenarnya. Ungkapannya Berbunyi :

" Saat kita semakin bertambah usia dan dewasa dari waktu ke waktu, ada hal yang kita lupakan dari semua kebahagiaan itu, bahwa secara tidak sadar dengan bertambahnya usia kita orang tua kita menjadi semakin tua dan tua, maka sudah seharusnya, waktunya dan saatnya kita membahagiakan mereka "



0 komentar:

Post a Comment