13 June 2013

PEMBAHASAN JENIS DARI ONE-TO-ONE MARKETING

Source Image : Google
Sebelumnya apa sih itu one-to-one marketing ? adalah merupakan sebuah teknik dalam memasarkan suatu produk dimana dengan memyediakan produk dan jasa yang dibutuhkan pelanggan sesuai dengan hasil identifikasi dari masing-masing kebutuhan pelanggan tersebut. Nah sekarang sudah mengerti apa itu one-to-one marketing kan? Selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis dari one-to-one marketing apa saja. Adapun jenis-jenis dari one-to-one marketing terdiri dari dua, antara lain :

  • Personalization
Merupakan jenis marketing dimana ketika sebuah perusahaan mengambil keputusan menggunakan Mix Marketing yang telah disesuaikan dengan kumpulan data yang diperoleh dari masing-masing pelanggannya, dimana dengan Mix Marketing tersebut kepuasan pelanggan diharapkan meningkat karena penyediaan kebutuhan pelanggan yang diberikan relevan dengan data pelanggan tersebut. Contoh dari implementasi dari Personalization adalah pada Situs Online Amazon dimana merekomendasikan buku yang sesuai dengan profil pribadi dari pelanggan amazon tersebut. Pada Situs ebay dimana dapat melihat trends dari masing-masing penggunaan pelanggan serta sejarah pencarian pelanggan tersebut, sehingga sistem dapat merekomendasikan link yang relevan sesuai sejarah pencarian pelanggan tersebut.

  • Customization
Merupakan jenis marketing yang melibatkan peran dari pelanggan tersebut, yaitu dimana ketika pelanggan secara proaktif dapat memilih satu elemen dari Mix Marketing bahkan lebih bagi mereka sendiri. Maka perbedaan dengan Personalization adalah dimana disini pelanggan lebih berperan banyak dalam menentukan produk dan jasa yang diinginkannya tersebut. Adapun contoh dari implementasi Customization adalah Dell. Yaitu sebuah perusahaan yang memegang peran penting dalam industri komputer. Dalam membeli produk Dell pelanggan dapat memesan sebuah komputer secara Custom-Made atau sesuai pesanan yang diinginkan.  Sehingga menjadi perusahaan Dell merupakan salah satu yang mengimplementasikan Customization terbaik saat ini untuk industri PC di dunia. Sehingga jelas sekali manfaat yang didapatkan dari praktik Customization adalah Kepuasan pelanggan yang lebih besar. Karena Dimana pesanan yang buat sesuai keinginan pelanggan tersebut, sehingga ketika pelanggan mendapatkan produk sesuai dengan ekspektasi yang diinginkannya, maka secara tidak langsung mereka merasa puas.



0 komentar:

Post a Comment