02 September 2013

ASUPAN MAKANAN YANG BISA MELINDUNGI KULIT DARI KERUSAKAN AKIBAT PAPARAN SINAR MATAHARI

Source Image : Google
Sinar matahari sering menjadi musuh bagi para wanita, karena bisa membuat kulit kusam. Banyak wanita yang selalu mencari produk kecantikan yang mengandung SPF. Tapi ternyata perlindungan dari matahari juga bisa didapatkan dari buah. Tanaman memproduksi antioksidan di dalam jaringannya untuk melindungi sel mereka dari kerusakan dini yang diakibatkan oleh panas, sinar, udara, embun dan waktu. Saat Anda mengkonsumsi tanamanya yang memberikan antioksidan, kandungan alaminya akan menyediakan perlindungan untuk sel-sel ke dalam tubuh kita, termasuk sel kulit.

Dilansir dari Fox News, Senin (2/9/2013), dengan mengkonsumsi beberapa makanan, terutama yang memiliki warna terang, Anda sebenarnya bisa membantu dalam mengurangi kerusakan pada kulit Anda yang dikarena oleh paparan sinar UVA dan UVB dari matahari. Nah berikut ini adalah buah-buahan dan asupan lainnya yang bisa melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB:

  • Paprika
Warna paprika yang berwarna-warni seperti merah, kuning dan hijau terlihat begitu indah, warna tersebut didapat dari pigmen alami yang disebut dengan karotenoid. Antioksidan ini mengkonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, dan membantu melindungi sel-sel kulit dengan menghambat kerusakan lipid tipis (lemak) lapisan yang mengelilingi sel-sel kulit.

  • Labu Kuning
Anda bisa memasukannya ke dalam menu makanan Anda, seperti kebab atau salad. Warna kuning pada labu kuning ini berasal dri warna terang dari pelindung karotenoid. Makanlah labu kuning karena kadungan di dalamnya memberikan pertahanan pada matahari.

  • Tomat Merah
Apakah Anda suka mengkonsumsi jus tomat? Atau suka banyak tomat di dalam makanan Anda? Kalau jawabannya iya, bagus sekali. Tomat matang yang berwarna merah segar mengandung antioksidan pigmen likopen. Antioksidan ini dikenal baik dalam memberikan perlindungan bagi kelenjar prostat, membantu mengurangi kasus BPH, dan pembesaran prostat. Selain itu, likopen juga melindungi sel-sel kulit dari paparan matahari.

  • Semangka
Semangka juga ternyata mengandung likopen lho! Jadi ketika cuaca sedang panas-panasnya, konsumsilah semanka untuk mendinginkan sel-sel kulit Anda.

  • Teh Hijau
Pasti Anda sudah sering dengar bahwa teh hijau memberikan banyak maanfaat kesehatan. Nah jika Anda ingin melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, konsumsilah teh hijau. Karena selain meningkatkan fungsi kardiovaskular, menunjukkan aktiviitas anti-kanker, mendukung sistem kekebalan tubuh,, teh hijau juga dapat melindungi sel kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Kandungan rahasianya? Komponen antioksidan yang disebut catechin polyphenol menyediakan pertahanan super kuat. 

  • Cokelat
Tahukah Anda bahwa kakao mengandung 712 senyawa, yang mengandung antioksidan dan pelingdung kulit. Para flavanols dalam cokelat memberikan perlindungan mendalam bagi jantung, membantu untuk lebih menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Tapi senyawa yang sama membantu armor sel-sel kulit Anda. Jadi, konsumsilah cokelat hitam asli, cokelat organik dan rasakan manfaatnya.

  • Buah Berri
Blueberry, black currant, acai, cranberri, blackberry, dan elderberry ternyata juga bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Buah-buahan itu kaya akan anthocyanins yang bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis dan penyakit degeneratif. Selain itu buat berri memberi perlindungan SPF yang sangat bagus. 

  • Kunyit
Kunyit mengandung senyawa yang disebut curcumin yang mengandung anti-inflamasi, membantu sistem imunitas, meningkatkan kemampuan otak dan melindungi kulit. Curcumin dari kunyit adalah obat anti-inflamasi yang sangat populer. Anda bisa menaruh kunyit ke dalam masakan atau bisa juga mengkonsumsi suplemen yang mengandung kunyit.

  • Fin Fish
Asam lemak omega 3 yang memberikan perlindungan untuk jantung ternyata juga memberikan perlindungan pada kulit. Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega 3 dari minyak ikan. Karena makanan bisa melindungi Anda dari bahaya sinar matahari bukan berarti Anda bisa makan semua buah dan sayuran lalu bermandikan sinar matahari sepanjang hari. Akan tetapi, jika Anda terkena sinar matahari, Anda akan memiliki perlindungan yang didapatkan dari antioksidan alami yang bisa melindungi kulit dari dalam dan luar. Gunakan krim pelindung matahari sebelum pergi keluar, dan nikmati hari Anda.


0 komentar:

Post a Comment