12 October 2013

SHARE RESOURCE KE VIRTUAL MACHINE MEMANFAATKAN FITUR DARI VMWARE

Tentu ingin sekali bisa berbagi data dan sebagainya dengan cepat dan praktis antara harddisk PC dengan harddisk Virtual Vmware. Sebenarnya untuk aplikasi Vmware telah menyediakan fitur tersebut berbagi data secara langsung. Andaikan Vmware tidak memberikan fitur tambahan seperti ini tentu proses transfer data akan lebih sulit dan memakan waktu yang lebih lama. Contohnya ketika ingin transfer data ke harddisk Vmware berarti harus menggunakan bantuan media perantara seperti Harddisk External/Flashdisk atau sejeni lainnya yang sebagai media penyimpanan. Kemudian kita melakukan pemindahan data ke Flashdisk terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan/load kedalam Vmware, begitu juga sebaliknya harus memindahkannya lagi kedalam Harddisk PC.

Maka dengan itu kita bisa memanfaatkan fitur Vmware yang sebagai Share Resource. Adapun cara menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Terlebih dahulu silakan instal Vmware Tools, bagi Vmware Tools nya yang belum terinstal dan kalau sudah terinstal langkah ini dilewati saja. Cara instal Vmware Tools adalah dengan Klik pada menu VM - Install Vmware Tools. Atau seperti pada gambar dibawah ini :
  • Kalau misalkan Vmware Tools nya terinstall, maka dapat dilanjutkan langkah berikutnya, yaitu klik menu VM - Settings, seperti gambar bawah ini :
  • Maka akan muncul tampilan window lainnya, yang terdiri dua tab menu : Hardware dan Options, Klik pada Menu Options - Shared Folders - Always Enabled - Add (pilih path resource yang akan dishared). Atau lebih jelasnya seperti gambar berikut ini :
  • Kalau sudah memilih path yang akan di share, kemudian di Ok maka selanjutnya path terpilih maka disitu ada pilihan Enable this share dan Read-only. Silakan lakukan centang pada Enable this Share, sedangkan centang lah Read-only andaikan ingin tidak ada perubahan apapun pada disk atau folder yang dipilih. kemudian dilanjutkan Finish. Seperti gambar berikut ini :
  • Dengan begitu akan muncul Drive Share pada sistem operasi dalam Vmware tersebut yang dimana telah terhubung dengan drive/folder sesuai yang diinginkan. Seperti tampilan gambar dibawah ini :


Dibawah ini video tutorialnya :

0 komentar:

Post a Comment