01 November 2013

USER ACCOUNT CONTROL PADA WINDOWS 7

Tentunya semua sudah pada tahu sebelum adanya sistem operasi Windows 7 ada namanya Windows Vista, dan ternyata Windows Vista kurang diminati pemakai. Adapun salah satu alasannya adalah pada fitur User Account Control (UAC) yang dimiliki Windows Vista paling banyak mendapatkan keluhan, karena sesuatu yang seharusnya menjadi lebih mudah saat menggunakan komputer dalam melakukan pekerjaan, justru terlihat sulit dengan ditambahkan sebuah fitur User Account Control (UAC) pada Windows Vista karena malah menambah tingkat kesulitan yang sangat tidak membantu bagi pengguna rata-rata. Seperti contoh, dengan adanya UAC di Windows Vista setiap ingin melakukan penginstallan suatu aplikasi baru selalu meminta notifikasi dan sebagainya, sehingga membuat pemakai tidak nyaman dan terganggu dengan sebuah pengamanan yang berlebihan dan tidak fleksibel bagi penggunanya. Memang secara keamanan, Windows Vista merupakan sistem operasi yang paling aman yang dimiliki Microsoft saat ini, itu menurut saya.

Dengan adanya keluhan dan kritikan dari penggunanya, akhirnya Microsoft menerima dan mendengarkan setiap keluhan dan kritikan dari penggunanya, yaitu dengan memperbaiki dalam User Account Control (UAC) yang dimiliki sistem operasi Windows 7 saat ini, itulah mengapa dalam jangka waktu yang singkat Microsoft segera meluncurkan sistem operasi Windows 7 mungkin itu salah satu alasannya, itu juga menurut saya. Adapun ada yang berbeda User Account Control (UAC) yang dimiliki Vista dengan 7. Dimana Microsoft tidak menghilangkan fitur User Account Controlnya, tetapi hanya diperbaiki, yaitu pada User Account Control (UAC) Windows 7 bisa dilakukan kustomisasi sesuai selera pemakainya, artinya setiap pengguna bisa melakukan pengaturan tingkatan pengamanan yang diinginkan pada User Account Control yang telah disediakan, mau tingkat pengamanan paling tinggi, sedang atau rendah bisa disesuaikan oleh penggunanya, sehingga pengguna bisa melakukan pengaturan tingkatan pengamanan yang diinginkannya sesuai kebutuhannya. 

Adapun pada Windows 7, Microsoft menyediakan 4 (empat) pengaturan yang bisa dikonfigurasikan sesuai kebutuhan penggunanya, antara lain sebagai berikut :
  • Always notify you when you install software or make any changes to windows settings : berarti selalu ingatkan ketika akan melakukan instalasi software atau perubahan pada pengesetan windows.
  • Notify you when programs make changes but not if you make changes to windows settings : berarti UAC akan mengingatkan ketika program membuat perubahan akan tetapi membuat perubahan pada pengesetan windows.
  • Notify you only when programs make changes but turn off secure desktop, which dims the desktop while the UAC prompt is displayed : berarti UAC akan mengingatkan hanya ketika program membuat perubahan akan tetapi mematikan sistem keamanan desktop.
  • Never notify you : berarti UAC tidak akan memperingatkan anda.
Saya kira tentu semua pada sudah mengetahui cara mengakses atau membuka User Account Control (UAC) pada Windows 7 untuk melakukan pengaturan, mungkin salah satu cara mengakses untuk setting User Account Control (UAC), seperti langkah-langkah berikut ini :
  • Klik tombol Start
  • Klik UAC, dan 
  • Klik Change User Account Control Settings
Maka akan muncul tampilan yang dimana menyediakan empat pilihan yang diberikan untuk memilih tingkat keamanan yang diatur User Account Control mulai dari Always Notify sampai Never Notify, seperti gambar dibawah ini :


0 komentar:

Post a Comment