24 January 2014

PANGGUNG SANDIWARA DUNIA

Source Image : Google
"Dunia ini panggung sandiwara, ceritanya yang mudah berubah kisah mahabarata atau tragedi dari yunani, setiap kita dapat satu peranan yang harus dimainkan. Ada peran wajar ada peran Berpura-pura, mengapa kita Bersandiwara, mengapa kita Bersandiwara". Pasti pada sudah tahu kan ? Iya benar sekali, itu adalah potongan bait lirik lagu berjudul "Panggung Sandiwara" yang dipopulerkan Nike Ardila atau Ahmad Albar atau yang lainnya.

Ini dari sisi pandang saya, semua yang disampaikan dari lagu tersebut mengatakan bahwa semua itu "Benar" sekali kalau dalam kehidupan di dunia ini tanpa kita sadari telah memerankan berbagai karakter dalam setiap detik, menit, jam dalam hari dalam bulan dalam tahun yang dijalani. Seperti contoh sederhana saja, ketika kita dalam suatu masalah atau kekecewaan artinya dalam keadaan yang tidak baik sisi emosional atau lainnya, apakah kita akan langsung menunjukkan kondisi sebenarnya kita kepada orang lain, baik teman atau sahabat atau lainnya ? jawabannya mungkin belum tentu. 

Karena apa ya tentu banyak sekali alasannya, mungkin karena ingin orang lain, teman atau sahabat kita tidak terlarut dalam kondisi kita sendiri karena sangat akan mempengaruhi suasana dan pikiran orang lain, teman atau sahabat kita yang semulanya lagi bersemangat dan bersuka cita, tetapi setelah mengetahui kondisi kita seperti ini, akhirnya mereka juga terbawa suasana yang tidak baik oleh kita. Atau mungkin yang lain dan yang lainnya, sepertinya alasannya banyak sekali. Itulah secara tidak kita sadari kita memerankan karakter lain, tujuannya untuk apa ? Agar semua orang disekitar yang kita sayangi bisa berbahagia dan bersemangat menjalani harinya tanpa memberikan beban pikiran kita kepada mereka semua, atau bahasa ceplas-ceplosnya tidak merusak suasana karena keegoisan kita, hanya itu.

Sehingga apabila ada teman atau sahabat kita yang tidak seperti biasanya, cobalah kita bersikap biasa sepeti biasanya pada umumnya didepan dia artinya berpura-pura lah bahwa tidak ada apa-apa pada dia sehingga kita tetap tersenyum dan canda tawa seperti biasanya. janganlah berpikir bahwa dia seperti itu karena kita atau semuanya pikiran yang tidak baik muncul karena keingintahuan masalah dia tidak terpenuhi oleh kita, akhirnya menyalahkan diri-sendiri bahwa seolah-olah semua itu terjadi karena kita. Jawabannya, mungkin belum tentu seperti itu.

Berikanlah sedikit ruang untuk dia bernafas lebih baik, artinya berhentilah untuk memaksa dia menceritakan seperti yang ada dipikirannya saat ini, atau berpura-pura tidak tahu saja lah. Kembali ke judulnya, sepertinya pembahasan sudah keluar dari jalur yang semestinya, tapi tidak apa-apa lah namanya juga berpura-pura. Bagaimanapun sebenarnya dari contoh sederhana seperti itu banyak yang bisa kita ambil hikmah dan hipotesisnya. Sisa pembahasan ini benar-benar murni pemikiran saya sendiri, jadi mohon maaf kalau salah mengartikannya.

Ada kalanya lebih baik berpura-pura menikmati dan menjalani kehidupan ini demi mencapai suatu tujuan atau karena suatu keadaan yang memang seperti itu, karena ternyata ada manfaatnya menjalani atau menikmati kehidupan ini dengan berpura-pura. Yaitu, apabila kita menjalani kehidupan ini dengan berpura-pura menikmati setiap cobaan, tantangan atau ujian yang silih berganti mendatangi kita, maka tanpa kita sadari semuanya itu akan terlewati dengan "Kebahagiaan" bukan "Penderitaan". kenapa bisa seperti itu ? Karena dengan berpura-pura terus-menerus itu kita lakukan dalam menjalani kehidupan dalam suasana sukacita maupun dukacita, hingga kita lupa bahwa sebenarnya kita sedang berpura-pura, akhirnya kita terbiasa dengan kondisi apapun yang sedang dihadapi atau yang akan terjadi nantinya, tanpa sebuah keluhan atau keputus-asaan. Terbentuklah sebuah kebahagiaan untuk maju demi suatu keadaan atau tujuan yang ada.

Untuk penutup, biasanya sebuah kutipan :
"Berpura-pura lah menikmati setiap keadaan yang sedang dijalani demi suatu tujuan, hingga benar-benar kita lupa bahwa sebenarnya kita sedang berpura-pura".


0 komentar:

Post a Comment