05 December 2014

Capability Model Framework COBIT 5

Source : COBIT® 5, Process Assessment Model : page 11
Pada framework COBIT 5 tidak lagi menggunakan Maturity Level seperti pada COBIT 4.1 sebelumnya. Namun diganti menjadi Capability Model yang mengadopsi dari ISO/IEC 15504-2, dimana proses penilaian akan berdasarkan tingkat kemampuan sebuah organisasi dalam melakukan proses-proses yang telah didefinisikan dalam model assessment. Berikut ini tingkatan Capability Model yang dimiliki sebuah organisasi, antara lain :

  • Level 0 : Incomplete Process
Organisasi pada tahap ini tidak melaksanakan proses proses TI yang seharusnya ada atau belum berhasil mencapai tujuan dari proses TI tersebut.

  • Level 1 : Performed Process
Organisasi pada tahap ini telah berhasil melaksanakan proses TI dan tujuan proses TI tersebut benar-benar tercapai.

  • Level 2 : Managed Process
Organisasi pada tahap ini dalam melaksanakan proses TI dan mencapai tujuannya dilaksanakan secara terkelola dengan baik, sehingga ada penilaian lebih karena pelaksanaan dan pencapaiannya dilakukan dengan pengelolaan yang baik. Pengelolaan berupa proses perencanaan, evaluasi dan penyesuaian untuk ke arah yang lebih baik lagi.

  • Level 3 : Established Process
Organisasi pada tahap ini memiliki proses-proses TI yang sudah distandarkan dalam lingkup organisasi secara keseluruhan. Artinya sudah memiliki standar proses yang berlaku diseluruh lingkup organisasi tersebut.

  • Level 4 : Predictable Process
Organisasi pada tahap ini telah menjalankan proses TI dalam batasan-batasan yang sudah pasti, misalkan batasan waktu. Batasan ini dihasilkan dari pengukuran yang telah dilakukan pada saat pelaksanaan proses TI tersebut sebelumnya.

  • Level 5 : Optimizing Process
Pada tahap ini, organisasi telah melakukan inovasi-inovasi dan melakukan perbaikan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuannya.


Referensi :

IT Governance Institute, COBIT 5 : Process Assessment Model, ISACA, 2012.

0 komentar:

Post a Comment